Jumat, 09 Januari 2009

Laptop / Notebook Cacat Produk kah?

Beberapa hari terakhir saya tertarik untuk browsing mengenai notebook, salah satu yang saya minati adalah produk HP Pavilion. Salah satu yang menarik adalah HP Pavilion dv2802

Design laptop ini sudah sesuai dengan keinginan, tinggal melihat jeroannya saja

Core 2 Duo T8100, 1GB DDR2, 250GB HDD, DVD±RW, NIC, WiFi, Bluetooth, Fingerprint, VGA Nvidia GeForce 8400M GS 128 (shared), 14.1" WXGA, Win Vista Home Premium

Karena kurang puas dengan VGA Nvidia yang shared, saya coba untuk browsing VGA yang discrete agar tidak terbagi penggunaan RAM untuk kebutuhan grafisnya.

Dari hasil pencarian, rupa-rupanya Nvidia pada bulan juli 2008 mengeluarkan informasi bertajuk NVIDIA Provides Second Quarter Fiscal 2009 Business Update

"Company Lowers Financial Outlook for Second Quarter and Plans to Take One-Time Charge for Certain Notebook Field Failures "

Beberapa cuplikan laporannya:

Regarding the notebook field failures, NVIDIA president and CEO Jen-Hsun Huang stated:
"Although the failure appears related to the combination of the interaction between the chip material set and system design, we have a responsibility to our customers and will take our part in resolving this problem. The GPU has become an increasingly important part of the computing experience and we are seeing more interest by PC OEMs to adopt GPUs in more platforms. Recognizing that the GPU is one of the most complex processors in the system, it is critical that we now work more closely with notebook system designers and our chip foundries to ensure that the GPU and the system are designed collaboratively for the best performance and robustness."

Semakin penasaran saya akan hal ini, saya lanjut browsing dan menemukan banyak hal menarik, rupanya hal ini sedang ramai dibicarakan, terutama untuk produk HP Pavilion, diskusi/argumen/bantah-bantahan alotnya ada di sini

HP juga melakukan Limited Warranty Service Enhancement untuk produk-produk mereka (HP Pavilion dv2000/dv6000/dv9000 and Compaq Presario V3000/V6000 Series Notebook PCs) karena telah mengidentifikasi ada "hardware issues", banyak komplain yang diajukan pengguna laptop ini pada business support forums HP mengenai rusaknya GPU Nvidia

Pengguna produk-produk tersebut merasa bahwa produk tersebut cacat dan seharusnya dipertanggung jawabkan oleh pihak HP dan ada juga pengguna yang produknya tidak termasuk pada limited warranty service enhancement.

Rupanya banyak pengguna produk ini yang merasa dirugikan, dan mencoba untuk melakukan class action suit against HP, salah satu forum mengenai pengguna yang merasakan dirugikan ada di www.HPlies.com

Selain daripada itu, produk dell termasuk didalam mengenai adanya "hardware issues" ini.

Namun bagaimana dengan produk-produk tersebut dengan "hardware issues" yang telah beredar di Indonesia? Apa respon HP di Indonesia? Saya lihat tahun lalu banyak sekali produk-produk tersebut banyak dipajang di mall komputer. Namun dari observasi beberapa forum jual beli, masih banyak banyak produk-produk tersebut dijual.

Saya simpulkan untuk menjauhi produk-produk tersebut dahulu, saya akan coba untuk mencari produk lainnya (Asus, Lenovo, Vaio), mungkin dengan GPU ATI atau Intel.

Apakah anda mempunyai pengalaman dengan produk-produk cacat tersebut? dan bagaimana kelanjutannya? Apakah ada pelayanan untuk di ganti notebooknya, kembali uang, penambahan waktu garansi?(10 tahunan...hehehe).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar